Tips Mendekorasi Tempat Bermain Anak di Rumah

Anak – anak memiliki kegemaran dalam bermain dan berimajinasi. Bermain bagi anak – anak dapat mengembangkan kreativitas, kemampuan fisik, serta mental pada anak. Sebagai orang tua, ada banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan dengan anak – anak ketika berada di rumah. Namun, terkadang sebagai orang tua merasa bingung dalam menata ruang bermain bagi buah hatinya. Alasannya sangat beragam, dari hal kecil seperti : takut rumah akan menjadi kotor, serta berantakan, ataupun karena keterbatasan tempat pada rumah tersebut.

Untuk Anda yang tinggal di apartemen ataupun rumah yang tidak terlalu luas, tips – tips dibawah ini patut untuk dilakukan, antara lain :

  1.  Pemilihan Jenis Mainan Anak

jenis mainan anak kualitas
Sebelum mendekorasi ruang tamu agar lebih fungsional sebagai tempat bermain anak, yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah dalam pemilihan jenis mainan untuk buah hati kita. Pilihlah mainan yang sesuai dengan keinginan anak serta fungsinya, dan hal – hal yang benar – benar diinginkannya. Untuk anak perempuan, terkadang lebih menyukai boneka, sesuatu yang berwarna pink, serta permainan untuk masak – masakan, dan lain – lain. Sementara untuk anak laki – laki, lebih memiliki sesuatu yang bersifat sportif, seperti : mobil – mobilan, robot, dan lain – lain. Kita dapat juga memilih permainan yang sifatnya dapat dimainkan bersama seperti : lego, ular tangga, dan lain – lain.

  1.  Pemilihan Warna Ruangan

ruang bermain anak

Variasi warna pada ruang tamu dapat dipilih dengan skema warna dengan motif yang lembut, ceria, namun tanpa mengganggu kesan dan fungsi ruang tamu tersebut. Jika Anda memasang wallpaper pada dinding ruang tamu, maka dapat memilih motif strips agar sesuai untuk semua kalangan, yaitu untuk anak serta semua kalangan umur. Untuk penggunaan cat warna pada dinding, pilihlah warna netral yang lembut, seperti krem.

  1.  Tempat Penyimpanan Mainan

Kita dapat menggunakan lemari yang kita miliki di ruang tamu sebagai tempat penyimpanan mainan yang dimiliki buah hati kita. Hal ini agar ketika anak telah selesai bermain, maka mainan tersebut tidak berantakan, serta lebih terlihat rapi. Sebaiknya, khusus untuk penyimpanan mainan tersebut, kita memberi pengertian agar mainan tersebut disimpan pada rak bagian bawah lemari agar anak lebih mudah ketika akan mengambil dan memainkan kembali. Dengan demikian, ruang tamu anda tetap terjaga kerapiannya.

tempat menyimpan mainan anak

  1.  Pemberian Zona Khusus

ruang bermain di rumah

Pada dasarnya, anak – anak sangat suka untuk mencoret – coret yang ada disekitarnya. Kita tentu tidak ingin ruang tamu kita menjadi kotor. Untuk itu, kita dapat memberikan zona khusus agar anak – anak dapat mencurahkan kreasinya tersebut dengan cara menyiapkan papan tulis. Papan tulis tersebut dapat kita pilih yang dapat dibongkar pasang. Ketika dibutuhkan dapat dipasang, namun jika sudah selesai dapat diturunkan kembali.

  1.  Penambahan Aksesori Fungsional

Agar anak dapat bermain dengan nyaman, penambahan aksesori fungsional dapat kita lakukan. Aksesoris yang dapat kita tambahkan dalam ruang bermain, seperti : aneka cushion warna – warni, karpet lembut dari spon,perlengkapan untuk mendidik anak, ataupun dapat juga memajang hasil karya anak kedalam pigura.

 

  1.            Menciptakan Sudut Area Bermain

Gunakan furniture ruang tamu yang ada di ruang tamu tersebut untuk memblokir area bermain atau menciptakan ruang untuk bermain, dengan cara menarik sofa, atau sebagai sekat sementara ketika anak Anda bermain.

 ruang bermain anak di rumah

Memiliki ruang bermain multifungsi pada ruang tamu dapat memberikan keefektifan dan keefisienan bagi Anda yang memiliki lahan sempit di rumah / Apartemen. Selain itu, kita sebagai orang tua dapat mengawasi lebih detail dan intens ketika anak – anak bermain karena mereka bermain di area indoor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s