Tips Merawat Furniture Agar Tetap Indah

Furniture yang terbuat dari kayu berkualitas merupakan investasi yang menjanjikan untuk masa yang akan datang. Furniture kayu merupakan aksesori yang paling sering ditemukan di sekitar rumah kita, contoh: furniture antik di ruang tamu sebagai kursi tamu, atau bahkan meja makan cantik yang ada di ruang makan kita.

Tanpa kita sadari kerusakan pada furniture dapat terjaFdi karena hal yang tidak disengaja dari kehidupan sehari – hari. Hal kecil itu antara lain : ketika meletakkan gelas diatas meja, meletakkan piring dengan hidangan yang panas, sehingga menimbulkan bekas pada lapisan meja tersebut. Panas dari hidangan tersebut dapat merusak finishing furniture kayu. Untuk menghindarinya sediakanlah tatakan piring atau gelas agar furniture dapat terlindungi dari tumpahan dan goresan.

Berikut adalah langkah sederhana dalam merawat furniture pada kayu dengan menggunakan ide-ide sederhana dan cerdas untuk mencegah kerusakan jangka panjang:

  1. Cuci dengan Air dan Sabun.

mencuci furniture

Jika furniture kita terkena tumpahan, maka harus segera dibersihkan karena jika tidak dibersihkan air yang tersisa dalam jangka yang akan panjang akan menyebabkan bintik – bintik putih dan akan menyebabkan kerusakan. Untuk membersihkan finishing pada furniture kayu langkah yang digunakan adalah  menggunakan air hangat dan sabun cuci piring ringan. Pergunakan lap / kain yang halus dalam membersihkan furniture tersebut secara lembut dan hati – hati.

  1. Bersihkan dengan Cuka Putih

merawat_furnitur_jati

Jika furniture yang kita miliki telah berdebu dan kotor, cobalah untuk membersihkan dengan menggunakan cuka putih. Caranya adalah dengan menuangkan cuka putih pada kain pembersih untuk membersihkan kotoran pada furniture tersebut. Kemudian bersihkan sisa cuka yang menempel dengan menggunakan sedikit air, lalu keringkan dengan cara dilap dengan lap yang kering dan bersih.

  1. Jauhkan Furniture dari Sinar Matahari Langsung.

Furniture pada kayu sangatlah rentan terhadap perubahan suhu, cahaya dan kelembaban. Untuk itu sebisa mungkin agar furniture terhindar dari panas dan cahaya. Jika terkena matahari secara langsung, furniture dapat memudar seiring jalannya waktu, kayu dapat menyusut, dan lebih parahnya menyebabkan retak.

Sebagian orang menggunakan taplak ataupun kaca pada furniture untuk melindungi lapisan atas furniture tersebut, misalnya: Pemberian taplak pada meja makan agar terhindar dari kerusakan matahari secara langsung. Dalam keadaan alami, kayu pada furniture memiliki kelembaban yang alami. Menjaga tingkat kelembaban yang tepat adalah kunci untuk merawat furniture dengan baik.

 bed6

  1. Memoles dengan Minyak Jati

Untuk furniture yang finishingnya telah memudar, kita dapat memolesnya dengan minyak jati agar warna alami jati tetap keluar dengan indah dan bagus. Kain yang kita gunakan dapat memakai microfiber yang lembut. Kain ini biasa digunakan untuk lap khusus mobil, namun dapat digunakan untuk membersihkan perabotan furniture Anda.

  1. Pembersihan Secara Berkala

Sediakan kuas halus yang berukuran kecil yang digunakan untuk membersihkan sela-sela furniture yang terkena debu. Bersihkan hingga ke ujung – ujung sela furniture yang sulit dijangkau. Untuk pembersihan rutin secara berkala yang perlu dilakukan hanya dengan cara memakai kemoceng secara merata agar selalu terjaga kebersihannya.

Merawat furniture kayu tidak terlalu sulit jika kita lakukan secara teratur. Untuk itu kita perlu merawat dan menjaga keindahannya secara tepat. Seperti yang kita ketahui bahwa furniture kayu memiliki daya tarik klasik yang membuatnya abadi. Untuk itu, dengan perawatan yang rutin, maka furniture tersebut akan bertahan lebih lama dan indah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s